sebenarnya apa itu root dan root akses pada android

Halo guys, apa kabarnya ? semoga sehat selalu ya. sebenernya kali ini saya akan cerita - cerita saja sih, soalnya blog ini rata - rata root semua konten nya tetapi saya sendiri tidak memperkenal kan root itu apa. maka dari itu disini saya akan cerita sedikit apa itu root, kenpa root itu penting, dan apa sih pengaruhnya.



Oke, jadi rooting itu adalah sebuah proses dimana kita membuka jalur untuk akses lebih jauh ke system maupun perangkat kita. sedangkan root akses adalah, dimana kita melakukan kontrol lebih terhadap system kita dan kontrol ini tidak bisa dilakukan oleh user biasa maka user yang melakukan hal ini disebut superuser. untuk mendapatkan root akses kita harus melakukan rooting pada ponsel kita terlebih dahulu. lalu rooted phone adalah ponsel yang sudah ter-root atau akses lebih sudah ter buka. root itu kan tujuan nya untuk melakukan hal lebih atau kontrol lebih kan, analogi nya seperi kamu mau masuk gudang; jika kamu ingin memasuki gudang tersebut kamu harus mempunyai kunci nya terlebih dahulu ibarat ini kamu ingin mengontrol system mu seperti kamu ingin menghapus aplikasi bawaan, maka mau tak mau kamu harus mendapatkan kunci tersebut untuk membuka pintunya dan mengeluarkan barang yang ingin kita jual, setelah kamu membukanya baru kamu bisa mengeluarkan barang yang kamu inginkan kan dan kamu bisa melakukan hal apa saja didalam gudang tersebut. nah begitu hal nya dengan root.

Root itu penting gak sih ? hal ini balik lagi ke kalian, jika akses lebih itu di pentingkan maka hal ini memang benar-benar penting. sebaliknya jika kamu hanya menggunkan ponsel ala kadarnya sesuai fungsionalitas standar tidak masalah juga untuk tidak melakukan rooting ini.

Lalu root itu pengaruh nya apa ya ? pengaruh nya ya ada pada diri mu juga, karena setelah mempunyai root akses kamu mempunyai kontrol penuh secara keseluruhan terhadap handphone mu. bisa handphone mu menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.

Katanya root bisa merusak garansi, apakah benar ? ya benar. karena pihak vendor tidak merekomendasikan hal ini, dikarenakan hal ini untuk yang paham saja. jika kamu melakukan untuk edukasi tidak masalah, hal ini terjadi apabila kamu membawa handphone mu ke service center dikarenakan masalah software. jika kamu mempunyai masalah software kamu hanya tinggal mem-flash nya dengan firmware asli maka setelah di flash status perangkat akan berubah menjadi official dan tidak custom lagi, apabila kamu ingin rooting lagi lakukan lah lagi tetapi status perangkat akan menjadi custom lagi. maka dari itu orang yang paham tentang rooting tidak akan membawa handphone ke service center resmi dikarenakan masalah software, palingan dibawa karena masalah hardware misal tombol atau touchscreen nya rusak.

jadi ini lah sedikit penjelasan dari saya, jika saya ada kesalahan mohon dikoreksi bersama, jika ingin ada yang menambah kan  silakan dengan cara tinggal di kolom komentar. sekian terimakasih dan salam.


EmoticonEmoticon